||
Membaca
SMK Teknologi dan Rekayasa

Soal 32 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Himpunan\ penyelesaian\ dari\ sistem\ persamaan
\left\{\begin{matrix} \frac{2}{x}+\frac{5}{y}=21\\\\ \frac{1}{x}+\frac{2}{y}=8 \end{matrix}\right.
adalah\ ....
a.\ \ \left \{ (-\frac{1}{2},\ -\frac{1}{5}) \right \}\ \ \ \ \ \ \ b.\ \left \{ (\frac{1}{2},\ -\frac{1}{5}) \right \}\ \ \ \ \ \ \ c.\ \left \{ (-\frac{1}{2},\ \frac{1}{5}) \right \}\\\\d.\ \ \left \{ (\frac{1}{2},\ \frac{1}{5}) \right \}\qquad \qquad e.\ \left \{ (\frac{1}{3},\ \frac{1}{5}) \right \}
Jawaban: c

Misalkan:\ \ \frac{1}{x}=p\ \ dan\ \ \frac{1}{y}=q

\begin{array}{rcl}\frac{2}{x}+\frac{5}{y}&=&21\\\\2\times \frac{1}{x}+5\times \frac{1}{y}&=&21\\\\2p+5q&=&21\ \ \ \ \ \texttt{.........(1)}\end{array}

\begin{array}{rcl}\frac{1}{x}+\frac{2}{y}&=&8\\\\\frac{1}{x}+2\times \frac{1}{y}&=&8\\\\p+2q&=&8\ \ \ \ \ \texttt{.........(2)}\end{array}

Dari\ (2)\ diperoleh:\quad p=8-2q\quad .................\quad (*)

Substitusi\ (*)\ ke\ (1)\ diperoleh:

\begin{array}{rcl}2(8-2q)+5q=21\\\\16-4q+5q=21\\\\16+q=21\\\\q=5\\\\\frac{1}{y}=5\\\\y=\frac{1}{5}\end{array}

\begin{array}{rcl}p&=&8-2(5)\\&=&8-10\\&=&-2\\\\\frac{1}{x}&=&-2\\\\x&=&-\frac{1}{2}\end{array}

Himpunan\ penyelesaian\ =\ \left \{ \left (-\frac{1}{2},\ \frac{1}{5} \right ) \right \}

About Kalakay

Guru Matematika SMK

Diskusi

17 thoughts on “Soal 32 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

  1. Soal-Soal Persamaan Linear Dua Variabel :

    Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan berikut jika variabelnya pada himpunan bilangan bulat :

    1. 3x + 2 = 8
    2. 2 (3x + 6) = 3 (x-2)
    3. 1/2 (p-3) + 2/3 (3p + 6) = 15
    4. 3x – 4 = x – 8
    5. 5p -p = -16
    6. 2/3 ( 2x + 3) = 6
    7. r + 5 = 7
    8. 2y-3 : 2 + 5y +4 : 4 = 4 (2y – 3 per 2 garis pernya dari 2y-3 juga 5y + 4 garis per atau garis baginya dari 5y + 4)
    9. 5x + 3 = 2x – 9
    10. 2x-3 : 2 = 4 + 5x + 6 / 4 ( 2x-3 : 2 garis per atau baginya dari 2x – 3 dan 4 + 5x + 6 : 4 garis per atau baginya
    dari 5x + 6 sehingga jadi 4 tambah 5x + 6 per empat)

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:02 PM
  2. 1. Bandingkan persaman-persamaan berikut dengan bentuk persamaan ax + by = c kemudian tentukan nilai
    a , b , dan c :
    a. 3x + 2y = 0
    b. 2x – 5y = 3
    c. x + 2y = 5
    d. x/3 – y/5 = 1
    2. Nyatakan persamaan berikut dalam bentuk ax + by = c kemudian tentukan koefisien dari masing-masing variabel
    a. x = 2y -5
    b. x + 3y + 1 = 0
    c. 3x – 1 = 2y
    d. y = 1/2x -2
    3. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan berikut jika x,y variabel pada himpunan bilangan cacah.Kemudian
    gambarlah grafik dari masing-masing persamaan tersebut pada bidang koordinat kartesius :
    a. x + y = 3
    b. 2x + 3y = 6
    c. x + 2y = 4
    d. 3x – y = 6
    4. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan berikut jika x,y variabel pada himpunan bilangan real kemudian
    gambarlah grafik dari masing-masing persamaan tersebut pada bidang Cartesius :
    a. 2x + y = 6
    b. 2x + 3y = 12
    c. 1/2y – x -2 = 0
    d. 1/4 x – 1/3 y = 1/2

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:04 PM
  3. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk x,y anggota atau elemen R dengan metode grafik :
    1. x + y = 3 dan x – y = 2
    2. 2x -y = 1 dan 3x + y = 4
    3. 2x + y = 1 dan 2x – y = 2
    4. x – y = 5 dan x + y = 2
    5. 2x – 4y = 6 dan 2x – 2y = 4
    6. x + 2y = 4 dan x = 3
    7. 3x + y = 3 dan y = 3
    8. y = x – 3 dan y = 2x
    9. x + y = 4 dan 2x + 2y = 6
    10. x – 3y = 3 dan 2x – 6y = 6

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:06 PM
  4. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut dengan menggunakan metode eliminasi jika x dan y variabel pada himpunan bilangan real :
    1. x + y = 1 dan x + 5y + 5
    2. 3x + 2y = 12 dan 2x – y = 8
    3. 2x + y = 5 dan 3x – 2y = 4
    4. 3x + 2y = 12 dan 2x + 3y = 18
    5. x + y = 12 dan 3x – y = 4
    6. x + 2y = 4 dan 2x – y = 3
    7. 2x – 4y = 10 dan x + 2y = 9
    8. x + y = 6 dan -x + 3y = 2
    9. x + 2y = 4 dan 2x + 4y = 5
    10. 3x – y = 2 dan 6x – 2y = 4

    Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan berikut dengan metode substitusi jika x,y variabel pada himpunan bilangan real :
    1. 3x + y = 4 dan -x + 2y = 1
    2. x + y = 5 dan y = x + 1
    3. x + 5 y = -5 dan x + y + 5 = 0
    4. 2x – 3y = 11 dan 3x + y = 0
    5. x = y + 2 dan y = 2x – 5
    6. y = -x dan 3x + y = 2
    7. 2x + 3y = 0 dan x + y = 1
    8. 2x + y + 5 = 2 dan 3y + 2x = -5
    9. 4x + 3y = 6 dan 2x – y = 3
    10. 2x + 4y = 6 dan 4x + 8y -8 = 0

    Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel berikut dengan metode gabungan (pertama metode eliminasi baru substitusi) jika x,y elemen R :
    1. x + y = 7 dan x – y = 3
    2. x + 2y – 1 = 0 dan y – x + 4 = 0
    3. 3x + 2y = 6 dan 2x – y = 5
    4. 2x + 5y = 8 dan x + 5y = 2
    5. y = 2x – 5 dan y = x + 3
    6. x = 2y – 3 dan y = 2x + 1
    7. x + 2y = 3 dan x + y = 5
    8. 2x – 3y = 3 dan y = 2x – 1
    9. 5x – y = 3 dan 10x – 5y = 15
    10. x + 4y = 8 dan 2x – y = 3

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:08 PM
  5. 1. Jumlah panjang dan lebar suatu persegi panjang adalah 32 cm sedangkan luasnya 240 cm persegi .Tentukan
    a. panjang dan lebarnya
    b. kelilingnya
    c. panjang diagonal persegi panjang
    2. selisih umur ayah dan anak perempuannya adalah 26 tahun sedangkan lima tahun yang lalu jumlah umur
    keduanya 34 tahun. Hitunglah umur ayah dan anak perempuannya dua tahun yang akn datang
    3. sebuah toko kelontong menjual dua jenis beras sebanyak 50 kg.Harga 1 kg beras jenis I adalah 6.000 dan jenis
    II adalah 6.200. Jika harga beras seluruhnya 306.000 maka m:
    a. susunlah sistem persamaan dalam x dan y
    b. tentukan nilai x dan y
    c. tentukan jumlah harga 4 kg beras jenis I dan 7 kg bers jenis II
    4. Asti dan Anton bekerja pada perusahaan sepatu. Asti dapat membuat 3 pasang sepatu setiap jam dan Anton
    dapat membuat 4 pasang sepatu setiap jam.Jumlah jam bekerja Asti dan Anton 16 jam sehari, dengan banyak
    sepatu yang dapat dibuat 55 pasang.Jika banyaknya jam bekerja keduanya tidak sama, tentukan lama bekerja
    Asti dan Anton
    5. Dalam sebuah pertandingan sepak bola terjual karcis kelas I dan Kelas II sebanyak 500 lembar.Harga karcis
    kelas I adalah 8.000 sedangkan harga karcis kelas II adalah 6.000.Jika hasil penjualan seluruh karcis adalah
    2.950.000,tentukan banyak karcis masing-masing kelas I dan kelas II yang terjual

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:10 PM
  6. Tentukan penyelesaian dari sistem persamaan berikut :
    1. 2x kuadrat -3 = -(1 + y) kuadrat dan x kuadrat + (1 + y) kuadrat = 2
    2. 2/x + 3/y = 12 dan 3/x – 1/y = 7
    3. akar x + akar y = 4 dan 2 akar x – akar y = 3
    4. 4 akar x + 3 akar y + 5 = 17 dan akar x – akar y + 5 = 3 (y + 5 berada pada satu akar)
    5. 1/x + 3 + 3/y + 3 = 1 dan 3/x + 3 + 1/y + 3 = 1 ( x + 3 berada dalam satu garis bagi atau per serta y + 3 juga
    berada dalam satu garis bagi atau per)

    MOHON MAAF TADI SAYA SALAH POSTING KE PERSAMAAN GARIS LURUS PADAHAL ADA KHUSUS DI BLOG INI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:12 PM
  7. SOAL-SOAL DIATAS ADALAH SOAL-SOAL PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP KELAS VIII.TERIMAKASIH ATAS BANTUANNYA…SALAM DARI MALANG JAWA TIMUR.

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:17 PM
  8. terima kasih ini sangat membantu saya….

    Posted by Cut Mutia Rizeki | 3 Desember 2011, 5:12 PM
  9. bagus sekali sangat membantu

    Posted by Fahri Syuhada | 21 November 2012, 9:26 AM
  10. terima kasih atas bantuannya, semoga mendapat pahala yang setimpal, amiin.

    Posted by Gaby | 23 Februari 2014, 10:13 AM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Pusat Matematika

  • IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bimtek di PPPPTK Matematika
    Kegiatan Pembukaan Bimtek Jurusan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Hari Senin, 25 Mei 2015 di Ruang Pleno PPPPTK Matematika Kepala PPPPTK Matematika, Prof. Dr. rer.nat. Widodo, MS menyerahkan paket informasi PPPPTK Matematika kepada Ketua Jurusan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hadi Kusmanto, M.Si., di Ruang Pleno Fasilitator dari PPPPTK Mat […]
  • PPPPTK MATEMATIKA IKUT PAMERAN HARDIKNAS 2015
    Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. Kacung Marijan, PhD, selaku ketua penyelenggara Hardiknas 2015, membuka secara resmi Pameran Hardiknas dan OSN di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta mulai Jumat s.d. Minggu, Tanggal 22 s.d. 24 Mei 2015 Seluruh petugas pameran berfoto bersama sebelum acara Pameran Hardiknas 2015 dimulai Sebagian petugas pa […]

RSS BSNP

  • UNDANGAN RAPAT DAN NARASUMBER BULAN MEI 2015
    Undangan Rapat dan Narasumber, Bulan Mei Tahun 2015 1. Penyerahan Hasil Ujian Nasional SMA/Sederajat Tahun Pelajaran 2014/2015 Penyelenggara : Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud Waktu : Jumat, 8 Mei 2015 Tempat : Pusat Penilaian Pendidikan, Kemdikbud Dihadiri oleh Bambang Suryadi, Ph.D. 2. Penyampaian Hasil Ujian Nasional Tingkat SMA/MA sederajat P […]
  • JADWAL RAPAT PLENO BSNP BULAN JUNI TAHUN 2015
    Jadwal dan Agenda Rapat Pleno BSNP Bulan Juni Tahun 2015 1. Hari/Tanggal : Senin, 8 Juni 2015 Tempat : Ruang Rapat BSNP, Cipete Agenda : a. Pengesahan Notulen tanggal 28 dan 29 Mei 2015 b. Menentukan kriteria/reviewer Pengembangan Standar Penilaian Berbasis TIK untuk kegiatan tanggal 20-21 Juni 2015 c. Menentukan kriteria/reviewer Pengembangan Standar Data S […]
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 183 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: