||
Membaca
SMK Teknologi dan Rekayasa

Soal 28 Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Himpunan\ penyelesaian\ dari
2x-1 \leq 11\ \ dan\ \ -\frac{1}{2}x< 2
adalah\ ....
a.\ \ \left \{ x\ |\ x< -4\ dan\ x \geq 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ b.\ \ \left \{ x\ |-4< x\leq 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ c.\ \ \left \{ x\ |\ 4< x\leq 6 \right \}\\d.\ \ \left \{ x\ |-4\leq x< 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ e.\ \ \left \{ x\ |\ 4\leq x< 6 \right \}
Jawaban: b

\begin{array}{rcl}2x-1&\le &11\\2x&\le &11+1\\2x&\le &12\\x&\le &6\ \ \ \ \ \ \ \ \ ................................\ \ (1)\end{array}

\begin{array}{rcl}-\frac{1}{2}x&< &2\ \ \ \ \ \ \ \ \ (dikali\ dengan\ -2)\\x&< &-4\ \ \ \ \ \ \ ...................................\ \ (2)\end{array}

Jadi\ himpunan\ penyelesaiannya\ adalah\ \left \{ x\ |-4< x\leq 6 \right \}.

About Kalakay

Guru Matematika SMK

Diskusi

57 thoughts on “Soal 28 Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

  1. DOWNLOAD FILM CLASH OF THE TITANS & FILM BARU LAIN GRATIS…TIS…TISS…
    http://segalamacam.com/archives/621

    Posted by m4rnos1 | 23 April 2010, 8:35 AM
  2. tlong jwabkannya: lw tw, lw gc tw gc usah d blaz..

    1. 5p-4 > 7p-11
    2. 1/2 x+3 > 9
    3. 1/2 (3p-1) < 5

    Tlong d jwab scpat mgkin yh..

    Posted by charina | 14 November 2011, 8:04 PM
  3. hem… aq msh belum terlalu ngerti – -”

    knp 5p-4>7p-11
    aku tau p sama p

    tp kenapa bisa jd

    5p-7p?

    knp gak 5p+7p??

    Jawab segera!!

    Posted by Mumut chii imut (ELF ^^) | 4 Desember 2011, 9:02 PM
    • Diingat kembali:
      i) Yang dilakukan dalam proses menyelesaikan suatu pertidaksamaan adalah mengumpulkan suku yang memuat variabel ke kiri tanda ketidaksamaan dan konstanta ke kanannya
      ii) Langkah yang ditunjukkan pada jawaban tersebut menggunakan cara ringkas: “pindah ruas, berganti tanda”
      iii) Pemisah ruas adalah tanda ketidaksamaan
      iV) Kedua ruas dalam pertidaksamaan boleh ditambah/dikurangi/dikali/dibagi dengan bilangan yang sama
      v) Jika kedua ruas dikali/dibagi dengan suatu bilangan negatif yang sama, maka tanda ketidaksamaan “dibalik”, dari “lebiha dari” menjadi “kurang dari”, demikian pula sebaliknya.
      Langkah peyelesaian selengkapnya untuk soal tersebut adalah sebagai berikut:
      \begin{array}{rcl}5p-4&> &7p-11\\5p-4-7p&> &7p-11-7p\\5p-7p-4&> &7p-7p-11\\-2p-4&> &0-11\\-2p-4&> &-11\\-2p-4+4&> &-11+4\\-2p+0&> &-7\\-2p&> &-7\\\\\frac{-2p}{-2}&< &\frac{-7}{-2}\\\\p&> &\frac{7}{2}\end{array}

      Posted by Kalakay | 4 Desember 2011, 10:58 PM
    • karena 5p dan 7p itu 7p nya dianggap +.. jadi klo dlm rumus + itu jadi –
      jadi 5p + 7p itu salah harusnya 5p – 7p krn dri rumus + itu jadi – . – itu jadi +

      Posted by cuya | 15 November 2012, 3:28 PM
      • Pada prinsipnya, proses yang dilakukan adalah menambahkan atau mengurangi kedua “ruas” pertidaksamaan dengan suatu bilangan yang sama, demikian sehingga variabel berada di “ruas kiri” dan konstanta berada di “ruas kanan”.
        O ya, hasil akhir pada jawaban di atas telah diperbaiki. Karena kedua ruas dibagi dengan bilangan negatif maka tanda ketidaksamaan ‘berbalik arah”. Jadi yang benar adalah “>”.

        Posted by Kalakay | 21 November 2012, 9:42 PM
  4. kalo soal nya gini gimana

    himpunan penyelesaian pertidaksamaan 3/4 (8x – 20) + 3< 2/3 (6x + 15) – 4

    jawab segera !!

    Posted by restu saputra | 9 Januari 2012, 8:45 PM
  5. malam,saya minta tolong bisa tdk krjkan soal ini
    2x <,10 x, e cacah
    moho jawabanya segera

    Posted by grace | 21 Oktober 2012, 8:36 PM
  6. kalo gini 3/5 (x+2)< x – 2

    Posted by tasya aprilia | 9 November 2012, 11:06 AM
  7. bisa gak kerjakan soal ini
    3x + 17 < 5x + 3

    Posted by andrian | 20 November 2012, 10:09 PM
  8. malam,tolong dong kl soalny begini gmn y: anti memiliki 50 koin uang logam yg terdiri dr seratusan dan dua ratusan.jumlah uang anti paling banyak Rp 8000,00. Tentukan batas-batas dr masing-masing koin tsb. tolong jawabanny segera

    Posted by rokhatun | 20 November 2012, 10:26 PM
  9. tolong dijawab.
    jika ²log 5 = x dan ³log 2 = y, maka ­6log 50 = ..

    Posted by Jέςίcάά :) (@agustinejesie) | 12 Februari 2013, 11:42 PM
  10. slmt malam .
    tolong bisa tidak hitungkan rumus
    pertidaksamaan linear 1 variabel
    2-3x/4 > 8 =
    terimakasih

    Posted by Ratna | 10 Maret 2013, 1:21 AM
  11. tolong yah bales, soalnya ini untuk saya ulangan besok
    2-3x/4 > 8
    terimakasih .

    Posted by Ratnasari | 10 Maret 2013, 9:06 PM
  12. tolong donk kerjakan yang ini 4x<2x-8<-2x+12
    please jawaban kirim ke email ku ya?

    Posted by muhamad failasuf | 27 September 2013, 3:20 AM
  13. kok ada yg di bsa dikali 5 sma dikali 2 yahh? dri mnaa?

    Posted by elma | 30 September 2013, 9:11 PM
  14. kalau x/3 – 2 lebihdari 1 .gmana caranya.

    Posted by vera | 8 Oktober 2013, 8:59 PM
  15. tolong jawab soal ini secepat mungkin ya
    1) 3-x<x+11

    Posted by yuyu | 10 November 2013, 7:37 PM
  16. Tolong di jawab dengan cepat ya

    Tentukan pertidaksamaan linear brikut

    1. 10-3x<10 dan 2x-5<0
    2. 2x-3<3x-4 dan 5x 2<6x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 1:23 PM
  17. 2. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 6:48 PM
  18. Sorry yg d atas itu salah ketik
    2. 2x-36x+5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 6:52 PM
  19. Tentukan pertidaksamaan linear berikut
    1. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:20 PM
  20. Tentukan pertidaksamaan linear berikut
    2. 2x – 3 6 x + 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:25 PM
  21. Tentukan pertidaksamaan linear berikut

    1. 10-3x<18 dan 2x-5<0
    2. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:31 PM
  22. Tentukan pertidaksamaan linear berikut

    2. 2x-36x+5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 8:29 PM
  23. Kalo ini gmana ? 2x-4>3x+9
    tolong jawab segera ya :)

    Posted by ALDI | 20 Januari 2014, 8:06 PM
  24. ini gmn caranya?

    16-(q+1)=6

    Posted by tia | 8 Mei 2014, 10:27 AM
  25. 2x – 7 <_ 4x – 1 bisa di bantu nggax

    Posted by junaidi | 9 Oktober 2014, 11:30 PM
  26. klu soalnya gini 2(x-2)<x-11
    tolong di bantu…makasih

    Posted by suliyanah | 13 Oktober 2014, 5:58 PM
  27. Mohon bantuannya ya…
    1.40-y>y=
    2.6x-3>4x+6=
    3.6A>-18=
    4.2y+3<27-4y

    Posted by Tiwwy Wira Lestari | 24 Januari 2015, 7:54 PM
  28. tolong dibantu… terima kasih
    1.40-p>p=
    2.5x>-20=

    Posted by Pertiwi Putri Ayu Lestari | 24 Januari 2015, 8:10 PM
  29. 3(2x-3) < 1/2 (8-6)

    Posted by wahyuseptianharrysaputro | 6 Maret 2015, 12:43 AM
  30. mohon bantuanya 2x – [4+4x] > – 22

    Posted by Barik Abrar II | 24 Maret 2015, 8:34 PM
  31. Tolong bantu saya Soalnya besok diperiksa..!!!!
    8x+ 6 lebih besar dari sama dengan 6x + 12
    3x – 4 < 2x +7

    Posted by merya | 29 April 2015, 1:57 PM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Pusat Matematika

  • IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bimtek di PPPPTK Matematika
    Kegiatan Pembukaan Bimtek Jurusan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Hari Senin, 25 Mei 2015 di Ruang Pleno PPPPTK Matematika Kepala PPPPTK Matematika, Prof. Dr. rer.nat. Widodo, MS menyerahkan paket informasi PPPPTK Matematika kepada Ketua Jurusan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hadi Kusmanto, M.Si., di Ruang Pleno Fasilitator dari PPPPTK Mat […]
  • PPPPTK MATEMATIKA IKUT PAMERAN HARDIKNAS 2015
    Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. Kacung Marijan, PhD, selaku ketua penyelenggara Hardiknas 2015, membuka secara resmi Pameran Hardiknas dan OSN di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta mulai Jumat s.d. Minggu, Tanggal 22 s.d. 24 Mei 2015 Seluruh petugas pameran berfoto bersama sebelum acara Pameran Hardiknas 2015 dimulai Sebagian petugas pa […]

RSS BSNP

  • UNDANGAN RAPAT DAN NARASUMBER BULAN MEI 2015
    Undangan Rapat dan Narasumber, Bulan Mei Tahun 2015 1. Penyerahan Hasil Ujian Nasional SMA/Sederajat Tahun Pelajaran 2014/2015 Penyelenggara : Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud Waktu : Jumat, 8 Mei 2015 Tempat : Pusat Penilaian Pendidikan, Kemdikbud Dihadiri oleh Bambang Suryadi, Ph.D. 2. Penyampaian Hasil Ujian Nasional Tingkat SMA/MA sederajat P […]
  • JADWAL RAPAT PLENO BSNP BULAN JUNI TAHUN 2015
    Jadwal dan Agenda Rapat Pleno BSNP Bulan Juni Tahun 2015 1. Hari/Tanggal : Senin, 8 Juni 2015 Tempat : Ruang Rapat BSNP, Cipete Agenda : a. Pengesahan Notulen tanggal 28 dan 29 Mei 2015 b. Menentukan kriteria/reviewer Pengembangan Standar Penilaian Berbasis TIK untuk kegiatan tanggal 20-21 Juni 2015 c. Menentukan kriteria/reviewer Pengembangan Standar Data S […]
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 183 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: