||
Membaca
SMK Teknologi dan Rekayasa

Soal 32 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Himpunan\ penyelesaian\ dari\ sistem\ persamaan
\left\{\begin{matrix} \frac{2}{x}+\frac{5}{y}=21\\\\ \frac{1}{x}+\frac{2}{y}=8 \end{matrix}\right.
adalah\ ....
a.\ \ \left \{ (-\frac{1}{2},\ -\frac{1}{5}) \right \}\ \ \ \ \ \ \ b.\ \left \{ (\frac{1}{2},\ -\frac{1}{5}) \right \}\ \ \ \ \ \ \ c.\ \left \{ (-\frac{1}{2},\ \frac{1}{5}) \right \}\\\\d.\ \ \left \{ (\frac{1}{2},\ \frac{1}{5}) \right \}\qquad \qquad e.\ \left \{ (\frac{1}{3},\ \frac{1}{5}) \right \}
Jawaban: c

Misalkan:\ \ \frac{1}{x}=p\ \ dan\ \ \frac{1}{y}=q

\begin{array}{rcl}\frac{2}{x}+\frac{5}{y}&=&21\\\\2\times \frac{1}{x}+5\times \frac{1}{y}&=&21\\\\2p+5q&=&21\ \ \ \ \ \texttt{.........(1)}\end{array}

\begin{array}{rcl}\frac{1}{x}+\frac{2}{y}&=&8\\\\\frac{1}{x}+2\times \frac{1}{y}&=&8\\\\p+2q&=&8\ \ \ \ \ \texttt{.........(2)}\end{array}

Dari\ (2)\ diperoleh:\quad p=8-2q\quad .................\quad (*)

Substitusi\ (*)\ ke\ (1)\ diperoleh:

\begin{array}{rcl}2(8-2q)+5q=21\\\\16-4q+5q=21\\\\16+q=21\\\\q=5\\\\\frac{1}{y}=5\\\\y=\frac{1}{5}\end{array}

\begin{array}{rcl}p&=&8-2(5)\\&=&8-10\\&=&-2\\\\\frac{1}{x}&=&-2\\\\x&=&-\frac{1}{2}\end{array}

Himpunan\ penyelesaian\ =\ \left \{ \left (-\frac{1}{2},\ \frac{1}{5} \right ) \right \}

About these ads

About Kalakay

Guru Matematika SMK

Diskusi

17 thoughts on “Soal 32 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

  1. Soal-Soal Persamaan Linear Dua Variabel :

    Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan berikut jika variabelnya pada himpunan bilangan bulat :

    1. 3x + 2 = 8
    2. 2 (3x + 6) = 3 (x-2)
    3. 1/2 (p-3) + 2/3 (3p + 6) = 15
    4. 3x – 4 = x – 8
    5. 5p -p = -16
    6. 2/3 ( 2x + 3) = 6
    7. r + 5 = 7
    8. 2y-3 : 2 + 5y +4 : 4 = 4 (2y – 3 per 2 garis pernya dari 2y-3 juga 5y + 4 garis per atau garis baginya dari 5y + 4)
    9. 5x + 3 = 2x – 9
    10. 2x-3 : 2 = 4 + 5x + 6 / 4 ( 2x-3 : 2 garis per atau baginya dari 2x – 3 dan 4 + 5x + 6 : 4 garis per atau baginya
    dari 5x + 6 sehingga jadi 4 tambah 5x + 6 per empat)

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:02 PM
  2. 1. Bandingkan persaman-persamaan berikut dengan bentuk persamaan ax + by = c kemudian tentukan nilai
    a , b , dan c :
    a. 3x + 2y = 0
    b. 2x – 5y = 3
    c. x + 2y = 5
    d. x/3 – y/5 = 1
    2. Nyatakan persamaan berikut dalam bentuk ax + by = c kemudian tentukan koefisien dari masing-masing variabel
    a. x = 2y -5
    b. x + 3y + 1 = 0
    c. 3x – 1 = 2y
    d. y = 1/2x -2
    3. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan berikut jika x,y variabel pada himpunan bilangan cacah.Kemudian
    gambarlah grafik dari masing-masing persamaan tersebut pada bidang koordinat kartesius :
    a. x + y = 3
    b. 2x + 3y = 6
    c. x + 2y = 4
    d. 3x – y = 6
    4. Tentukan himpunan penyelesaian persamaan berikut jika x,y variabel pada himpunan bilangan real kemudian
    gambarlah grafik dari masing-masing persamaan tersebut pada bidang Cartesius :
    a. 2x + y = 6
    b. 2x + 3y = 12
    c. 1/2y – x -2 = 0
    d. 1/4 x – 1/3 y = 1/2

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:04 PM
  3. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk x,y anggota atau elemen R dengan metode grafik :
    1. x + y = 3 dan x – y = 2
    2. 2x -y = 1 dan 3x + y = 4
    3. 2x + y = 1 dan 2x – y = 2
    4. x – y = 5 dan x + y = 2
    5. 2x – 4y = 6 dan 2x – 2y = 4
    6. x + 2y = 4 dan x = 3
    7. 3x + y = 3 dan y = 3
    8. y = x – 3 dan y = 2x
    9. x + y = 4 dan 2x + 2y = 6
    10. x – 3y = 3 dan 2x – 6y = 6

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:06 PM
  4. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut dengan menggunakan metode eliminasi jika x dan y variabel pada himpunan bilangan real :
    1. x + y = 1 dan x + 5y + 5
    2. 3x + 2y = 12 dan 2x – y = 8
    3. 2x + y = 5 dan 3x – 2y = 4
    4. 3x + 2y = 12 dan 2x + 3y = 18
    5. x + y = 12 dan 3x – y = 4
    6. x + 2y = 4 dan 2x – y = 3
    7. 2x – 4y = 10 dan x + 2y = 9
    8. x + y = 6 dan -x + 3y = 2
    9. x + 2y = 4 dan 2x + 4y = 5
    10. 3x – y = 2 dan 6x – 2y = 4

    Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan berikut dengan metode substitusi jika x,y variabel pada himpunan bilangan real :
    1. 3x + y = 4 dan -x + 2y = 1
    2. x + y = 5 dan y = x + 1
    3. x + 5 y = -5 dan x + y + 5 = 0
    4. 2x – 3y = 11 dan 3x + y = 0
    5. x = y + 2 dan y = 2x – 5
    6. y = -x dan 3x + y = 2
    7. 2x + 3y = 0 dan x + y = 1
    8. 2x + y + 5 = 2 dan 3y + 2x = -5
    9. 4x + 3y = 6 dan 2x – y = 3
    10. 2x + 4y = 6 dan 4x + 8y -8 = 0

    Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel berikut dengan metode gabungan (pertama metode eliminasi baru substitusi) jika x,y elemen R :
    1. x + y = 7 dan x – y = 3
    2. x + 2y – 1 = 0 dan y – x + 4 = 0
    3. 3x + 2y = 6 dan 2x – y = 5
    4. 2x + 5y = 8 dan x + 5y = 2
    5. y = 2x – 5 dan y = x + 3
    6. x = 2y – 3 dan y = 2x + 1
    7. x + 2y = 3 dan x + y = 5
    8. 2x – 3y = 3 dan y = 2x – 1
    9. 5x – y = 3 dan 10x – 5y = 15
    10. x + 4y = 8 dan 2x – y = 3

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:08 PM
  5. 1. Jumlah panjang dan lebar suatu persegi panjang adalah 32 cm sedangkan luasnya 240 cm persegi .Tentukan
    a. panjang dan lebarnya
    b. kelilingnya
    c. panjang diagonal persegi panjang
    2. selisih umur ayah dan anak perempuannya adalah 26 tahun sedangkan lima tahun yang lalu jumlah umur
    keduanya 34 tahun. Hitunglah umur ayah dan anak perempuannya dua tahun yang akn datang
    3. sebuah toko kelontong menjual dua jenis beras sebanyak 50 kg.Harga 1 kg beras jenis I adalah 6.000 dan jenis
    II adalah 6.200. Jika harga beras seluruhnya 306.000 maka m:
    a. susunlah sistem persamaan dalam x dan y
    b. tentukan nilai x dan y
    c. tentukan jumlah harga 4 kg beras jenis I dan 7 kg bers jenis II
    4. Asti dan Anton bekerja pada perusahaan sepatu. Asti dapat membuat 3 pasang sepatu setiap jam dan Anton
    dapat membuat 4 pasang sepatu setiap jam.Jumlah jam bekerja Asti dan Anton 16 jam sehari, dengan banyak
    sepatu yang dapat dibuat 55 pasang.Jika banyaknya jam bekerja keduanya tidak sama, tentukan lama bekerja
    Asti dan Anton
    5. Dalam sebuah pertandingan sepak bola terjual karcis kelas I dan Kelas II sebanyak 500 lembar.Harga karcis
    kelas I adalah 8.000 sedangkan harga karcis kelas II adalah 6.000.Jika hasil penjualan seluruh karcis adalah
    2.950.000,tentukan banyak karcis masing-masing kelas I dan kelas II yang terjual

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:10 PM
  6. Tentukan penyelesaian dari sistem persamaan berikut :
    1. 2x kuadrat -3 = -(1 + y) kuadrat dan x kuadrat + (1 + y) kuadrat = 2
    2. 2/x + 3/y = 12 dan 3/x – 1/y = 7
    3. akar x + akar y = 4 dan 2 akar x – akar y = 3
    4. 4 akar x + 3 akar y + 5 = 17 dan akar x – akar y + 5 = 3 (y + 5 berada pada satu akar)
    5. 1/x + 3 + 3/y + 3 = 1 dan 3/x + 3 + 1/y + 3 = 1 ( x + 3 berada dalam satu garis bagi atau per serta y + 3 juga
    berada dalam satu garis bagi atau per)

    MOHON MAAF TADI SAYA SALAH POSTING KE PERSAMAAN GARIS LURUS PADAHAL ADA KHUSUS DI BLOG INI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:12 PM
  7. SOAL-SOAL DIATAS ADALAH SOAL-SOAL PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP KELAS VIII.TERIMAKASIH ATAS BANTUANNYA…SALAM DARI MALANG JAWA TIMUR.

    Posted by Ryan | 9 November 2011, 1:17 PM
  8. terima kasih ini sangat membantu saya….

    Posted by Cut Mutia Rizeki | 3 Desember 2011, 5:12 PM
  9. bagus sekali sangat membantu

    Posted by Fahri Syuhada | 21 November 2012, 9:26 AM
  10. terima kasih atas bantuannya, semoga mendapat pahala yang setimpal, amiin.

    Posted by Gaby | 23 Februari 2014, 10:13 AM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Pusat Matematika

  • Surat Panggilan Kegiatan Workshop Penilaian ONIP 2014
    Dalam rangka memfasilitasi guru agar terus berinovasi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Workshop Penilaian Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika, yang akan diselaksanakan mulai 22 s.d. 26 November 2014 di PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. D […]
  • Daftar Pemakalah SENDIMAT 2 Yang Dibiayai PPPPTK Matematika
    Sehubungan adanya pemakalah yang akan dibiayai oleh PPPPTK Matematika, maka berdasarkan hasil seleksi makalah, bersama ini kami umumkan Daftar Pemakalah SENDIMAT 2 Yang Dibiayai oleh PPPPTK Matematika. No Nama Judul Makalah Instansi 1 Abdul Azis PENGGUNAAN TEKNIK ORIGAMI UNTUK PEMAHAMAN KONSEP DASAR BANGUN DATAR SMPN 3 Sungguminasa 2 Anwar Muttaqien, S.Pd, M […]

RSS BSNP

  • Permendikbud untuk pelaksanaan UN tahun 2015
    Pelaksanaan UN tahun 2015 akan krmbali dilaksanakan terlampir Permendikbud No 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan Peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaran dan Ujian Nasional, untuk di unduh.
  • BSNP DAN BAN S/M BAHAS INSTRUMEN AKREDITASI
    Standar nasional pendidikan yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) perlu diturunkan dalam bentuk instrumen akreditasi sekolah/madrasah bersarkan Kurikulum 2013 yang disusun oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Format instrumen akreditasi tidak perlu dirombak total, tetapi substansi yang ada  dalam standar nasional pendid […]
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: