||
Membaca
SMK Teknologi dan Rekayasa

Soal 28 Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Himpunan\ penyelesaian\ dari
2x-1 \leq 11\ \ dan\ \ -\frac{1}{2}x< 2
adalah\ ....
a.\ \ \left \{ x\ |\ x< -4\ dan\ x \geq 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ b.\ \ \left \{ x\ |-4< x\leq 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ c.\ \ \left \{ x\ |\ 4< x\leq 6 \right \}\\d.\ \ \left \{ x\ |-4\leq x< 6 \right \}\ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ e.\ \ \left \{ x\ |\ 4\leq x< 6 \right \}
Jawaban: b

\begin{array}{rcl}2x-1&\le &11\\2x&\le &11+1\\2x&\le &12\\x&\le &6\ \ \ \ \ \ \ \ \ ................................\ \ (1)\end{array}

\begin{array}{rcl}-\frac{1}{2}x&< &2\ \ \ \ \ \ \ \ \ (dikali\ dengan\ -2)\\x&< &-4\ \ \ \ \ \ \ ...................................\ \ (2)\end{array}

Jadi\ himpunan\ penyelesaiannya\ adalah\ \left \{ x\ |-4< x\leq 6 \right \}.

About these ads

About Kalakay

Guru Matematika SMK

Diskusi

44 thoughts on “Soal 28 Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

  1. DOWNLOAD FILM CLASH OF THE TITANS & FILM BARU LAIN GRATIS…TIS…TISS…
    http://segalamacam.com/archives/621

    Posted by m4rnos1 | 23 April 2010, 8:35 AM
  2. tlong jwabkannya: lw tw, lw gc tw gc usah d blaz..

    1. 5p-4 > 7p-11
    2. 1/2 x+3 > 9
    3. 1/2 (3p-1) < 5

    Tlong d jwab scpat mgkin yh..

    Posted by charina | 14 November 2011, 8:04 PM
  3. hem… aq msh belum terlalu ngerti – -”

    knp 5p-4>7p-11
    aku tau p sama p

    tp kenapa bisa jd

    5p-7p?

    knp gak 5p+7p??

    Jawab segera!!

    Posted by Mumut chii imut (ELF ^^) | 4 Desember 2011, 9:02 PM
    • Diingat kembali:
      i) Yang dilakukan dalam proses menyelesaikan suatu pertidaksamaan adalah mengumpulkan suku yang memuat variabel ke kiri tanda ketidaksamaan dan konstanta ke kanannya
      ii) Langkah yang ditunjukkan pada jawaban tersebut menggunakan cara ringkas: “pindah ruas, berganti tanda”
      iii) Pemisah ruas adalah tanda ketidaksamaan
      iV) Kedua ruas dalam pertidaksamaan boleh ditambah/dikurangi/dikali/dibagi dengan bilangan yang sama
      v) Jika kedua ruas dikali/dibagi dengan suatu bilangan negatif yang sama, maka tanda ketidaksamaan “dibalik”, dari “lebiha dari” menjadi “kurang dari”, demikian pula sebaliknya.
      Langkah peyelesaian selengkapnya untuk soal tersebut adalah sebagai berikut:
      \begin{array}{rcl}5p-4&> &7p-11\\5p-4-7p&> &7p-11-7p\\5p-7p-4&> &7p-7p-11\\-2p-4&> &0-11\\-2p-4&> &-11\\-2p-4+4&> &-11+4\\-2p+0&> &-7\\-2p&> &-7\\\\\frac{-2p}{-2}&< &\frac{-7}{-2}\\\\p&> &\frac{7}{2}\end{array}

      Posted by Kalakay | 4 Desember 2011, 10:58 PM
    • karena 5p dan 7p itu 7p nya dianggap +.. jadi klo dlm rumus + itu jadi -
      jadi 5p + 7p itu salah harusnya 5p – 7p krn dri rumus + itu jadi – . – itu jadi +

      Posted by cuya | 15 November 2012, 3:28 PM
      • Pada prinsipnya, proses yang dilakukan adalah menambahkan atau mengurangi kedua “ruas” pertidaksamaan dengan suatu bilangan yang sama, demikian sehingga variabel berada di “ruas kiri” dan konstanta berada di “ruas kanan”.
        O ya, hasil akhir pada jawaban di atas telah diperbaiki. Karena kedua ruas dibagi dengan bilangan negatif maka tanda ketidaksamaan ‘berbalik arah”. Jadi yang benar adalah “>”.

        Posted by Kalakay | 21 November 2012, 9:42 PM
  4. kalo soal nya gini gimana

    himpunan penyelesaian pertidaksamaan 3/4 (8x – 20) + 3< 2/3 (6x + 15) – 4

    jawab segera !!

    Posted by restu saputra | 9 Januari 2012, 8:45 PM
  5. malam,saya minta tolong bisa tdk krjkan soal ini
    2x <,10 x, e cacah
    moho jawabanya segera

    Posted by grace | 21 Oktober 2012, 8:36 PM
  6. kalo gini 3/5 (x+2)< x – 2

    Posted by tasya aprilia | 9 November 2012, 11:06 AM
  7. bisa gak kerjakan soal ini
    3x + 17 < 5x + 3

    Posted by andrian | 20 November 2012, 10:09 PM
  8. malam,tolong dong kl soalny begini gmn y: anti memiliki 50 koin uang logam yg terdiri dr seratusan dan dua ratusan.jumlah uang anti paling banyak Rp 8000,00. Tentukan batas-batas dr masing-masing koin tsb. tolong jawabanny segera

    Posted by rokhatun | 20 November 2012, 10:26 PM
  9. tolong dijawab.
    jika ²log 5 = x dan ³log 2 = y, maka ­6log 50 = ..

    Posted by Jέςίcάά :) (@agustinejesie) | 12 Februari 2013, 11:42 PM
  10. slmt malam .
    tolong bisa tidak hitungkan rumus
    pertidaksamaan linear 1 variabel
    2-3x/4 > 8 =
    terimakasih

    Posted by Ratna | 10 Maret 2013, 1:21 AM
  11. tolong yah bales, soalnya ini untuk saya ulangan besok
    2-3x/4 > 8
    terimakasih .

    Posted by Ratnasari | 10 Maret 2013, 9:06 PM
  12. tolong donk kerjakan yang ini 4x<2x-8<-2x+12
    please jawaban kirim ke email ku ya?

    Posted by muhamad failasuf | 27 September 2013, 3:20 AM
  13. kok ada yg di bsa dikali 5 sma dikali 2 yahh? dri mnaa?

    Posted by elma | 30 September 2013, 9:11 PM
  14. kalau x/3 – 2 lebihdari 1 .gmana caranya.

    Posted by vera | 8 Oktober 2013, 8:59 PM
  15. tolong jawab soal ini secepat mungkin ya
    1) 3-x<x+11

    Posted by yuyu | 10 November 2013, 7:37 PM
  16. Tolong di jawab dengan cepat ya

    Tentukan pertidaksamaan linear brikut

    1. 10-3x<10 dan 2x-5<0
    2. 2x-3<3x-4 dan 5x 2<6x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 1:23 PM
  17. 2. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 6:48 PM
  18. Sorry yg d atas itu salah ketik
    2. 2x-36x+5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 6:52 PM
  19. Tentukan pertidaksamaan linear berikut
    1. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:20 PM
  20. Tentukan pertidaksamaan linear berikut
    2. 2x – 3 6 x + 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:25 PM
  21. Tentukan pertidaksamaan linear berikut

    1. 10-3x<18 dan 2x-5<0
    2. 2x-36x 5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 7:31 PM
  22. Tentukan pertidaksamaan linear berikut

    2. 2x-36x+5

    Posted by Rasmin | 15 November 2013, 8:29 PM
  23. Kalo ini gmana ? 2x-4>3x+9
    tolong jawab segera ya :)

    Posted by ALDI | 20 Januari 2014, 8:06 PM
  24. ini gmn caranya?

    16-(q+1)=6

    Posted by tia | 8 Mei 2014, 10:27 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Pusat Matematika

  • REKRUITMEN PESERTA DIKLAT ONLINE PPPPTK MATEMATIKA TAHUN 2014
    Dalam rangka fasilitasi peningkatan kompetensi bagi guru matematika dan pengembangan keprofesian berkelanjutan, PPPPTK Matematika membuka kesempatan bagi guru-guru matematika jenjang SMP/SMA/SMK dan sederajat untuk mengikuti Diklat online PPPPTK Matematika tahun 2014. Pendaftaran kami buka mulai tanggal 14 Juli sampai 8 Agustus 2014 dengan persyaratan sebaga […]
  • Rekrutmen Calon Peserta ToT PPKSPS/M
    Dengan hormat kami sampaikan bahwa berdasarkan surat dari Pusat Pengembangan Tenaga Kependikan (Pusbangtendik), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No: 1500/J3.1/LL/2014 tanggal 12 Juni 2014 perihal Permohonan Calon Peserta ToT PPKSPS/M Program […]

RSS BSNP

  • Pengumuman Pendaftaran Penilaian BTP Tahun 2014 (Revisi)
    Sehubungan dengan banyaknya permintaan dari calon peserta tentang pengunduran waktu Pendaftaran 1 yang semula tanggal 16 s.d. 18 Juni 2014 diubah menjadi tanggal 30 Juni s.d. 2 Juli 2014.  
  • Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014
    Sehubungan dengan akan dilaksanakan penilaian buku teks pelajaran, berikut disampaikan Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran tahun 2014 untuk di unduh: 01 Kelompok Peminatan MIPA 02 Kelompok Peminatan Sosial : mohon maaf karena ada perbaikan pada instrumen penilaian EKONOMI. Jadi yang sudah mengunduh khusus untuk EKONOMI (Instrumen 1 dan 2 beserta deskrips […]
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: